Tips Memilih dan Manfaat Tabungan Perbankan untuk Anak



Jika anak telah terbiasa dengan konsep menabung dengan celengan, Parents bisa juga memperkenalkannya dengan konsep tabungan perbankan. tentu saja hal ini harus dengan persetujuan anak ya. Karena bagi beberapa anak, menyerahkan uang ke bank sama dengan kehilangan uang, mengingat ia sudah tidak dapat melihat bentuk fisiknya lagi. Hal ini wajar ya Parents, tidak perlu dipaksakan.

Ketika anak telah setuju untuk mulai mengelola uangnya dengan menabung, buatkanlah tabungan yang cocok untuk anak. Pasti akan lebih menyenangkan dan membuat anak semangat bila memiliki tabungan atas nama dia sendiri. Berikut beberapa cara memilih tabungan anak terbaik!

Artikel Terkait: Cara Mengenalkan ATM dan Tabungan Perbankan

4 Tips Memilih Tabungan Perbankan untuk Anak

1. Pilih Tabungan Dengan Setoran Rendah

Pilih bank yang membuka tabungan anak dan perhatikan setoran awal dengan nominal rendah. Biasanya untuk tabungan anak, setoran awal dan setoran minimal lebih rendah dibandingkan rekening umum. 

Dengan jumlah setoran tidak terlalu besar, anak dapat menabung kapan saja. Bisa dari uang jajan yang disisihkan setiap hari. Jadi mau menabung berapapun bisa diterima oleh pihak bank. 

2. Cari yang Biaya Admin Nol Rupiah

Karena biasanya tabungan anak itu jarang melakukan transaksi, tidak ada salahnya mencari tabungan dengan biaya admin rendah atau 0 rupiah. Karena bila biaya admin yang tinggi malah bisa menguras tabungan anak yang mungkin tidak terlalu banyak. 

3. Tabungan yang Memiliki Suku Bunga Walau Kecil

Beberapa dari Anda mungkin menghendaki agar anak juga belajar tentang konsep imbal balik dari tabungannya. Jika Parents tidak keberatan dengan konsep bunga tersebut, Anda dapat memilihkan tabungan yang memiliki suku bunga.

Walau tidak terlalu signifikan, bila tabungan anak memiliki bunga ketika dia mengecek saldo maka anak pasti makin semangat menabung. Hal ini juga akan mengajarkan anak, apa perbedaan bila disimpan di celengan dengan di bank.

4. Punya Desain Kartu ATM yang Lucu dan Menarik

Karena ketertarikan pada ATM untuk anak yang besar, tidak ada salahnya kalau Parents mencari tabungan yang memiliki desain menarik untuk kartu ATMnya. Biasanya pada beberapa ATM untuk anak ada fitur foto dan nama anak pada kartunya. Sehingga anak akan bangga dan semakin rajin menabung. 

Artikel Terkait: 3 Tantangan Keuangan yang Akan Dihadapi Anak

Manfaat Mengenalkan Tabungan Perbankan pada Anak

1. Pengetahuan tentang Konsep Lembaga Keuangan

Memiliki tabungan di bank memberikan pengalaman yang berbeda dengan menabung di celengan. Hal ini akan memberi anak pengetahuan baru tentang lembaga keuangan berbentuk perbankan pada anak. Pengetahuan ini nantinya dapat memberi dasar informasi tentang sistem keuangan yang lebih besar. 

2. Belajar Konsep Menabung 

Pengalaman menabung akan mengajarkan pada anak bahwa uang tidak selalu dihabiskan. Memiliki tabungan di bank juga dapat membantu anak belajar konsep menabung untuk jangka panjang. 

3. Peluang Anak Belajar Pengendalian Diri

Memiliki kartu ATM sendiri memang memiliki sisi yang menantang dan membuat Parents khawatir, karena anak dapat tergoda untuk dengan mudah mengambil atau membelanjakan uangnya. Namun, hal ini dapat memberi kesempatan bagi anak untuk mengendalikan diri, sekaligus memberikan peluang bagi Parents untuk berdiskusi dan melakukan edukasi.

Tentu saja, Parents juga dapat menyesuaikan, apakah anak akan diizinkan memegang kartu ATMnya sendiri dan membelanjakan seizin orang tua, atau memilih untuk menyimpankan kartu ATM anak.

Harapannya, hal ini akan membentuk karakter bijak dalam pengelolaan keuangan hingga anak sudah usia dewasa nanti. Anak akan lebih mengerti juga kalau tidak semua barang bisa dibeli hanya dengan mengambil uang di ATM saja. Tapi menghargai proses bagaimana uang itu bisa ada di rekening, karena harus berusaha mulai menabung agar saldo ada di tabungan anak.

Semoga bermanfaat ya Parents, tidak ada kata terlambat untuk menabung. Termasuk untuk anak bisa Parents pupuk sejak dini. Yuk, mulai menabung yuk!

Baca Juga:

3 Prinsip Belajar Keuangan Bareng Anak ala Artiarta

5 Hal Penting tentang Uang yang Perlu Anak Tahu

Kapan dan Bagaimana Anak Mulai Belajar Keuangan

***

Penulis: Suria Echa

Mom dengan tiga orang anak yang pernah bekerja lebih dari 10 tahun di dunia perbankan. Sekarang menjadi ibu rumah tangga suka meluk kucing yang suka ngeblog.

Editor: Emanuella Christianti


Related Post

Cari Artikel