3 Cara Mengenalkan ATM dan Tabungan Perbankan

 


Jika Parents kerap mengambil uang di ATM bersama anak, terkadang anak menganggap hal tersebut sebagai hal yang seru. Bahkan ada anak yang ingin mengambil uang yang keluar dari mesin ATM. Kemungkinan lain adalah anak merasa kartu apa saja bisa masuk dan nanti mesin ATM akan mengeluarkan uang. Ada juga yang menganggap ATM sebagai mesin pembuat uang loh Parents!

Oleh karenanya, tidak ada salahnya jika Parents mulai mengenalkan ATM dan sistem tabungan untuk anak. Terutama jika usianya telah menginjak sekolah dasar. Pemahaman tersebut cukup penting mengingat banyak transaksi keuangan saat ini menggunakan sistem non cash yang erat kaitannya dengan mesin tabungan perbankan.

Berikut cara mudah mengenalkan tabungan dan ATM untuk anak-anak!

Artikel Terkait: Tantangan Keuangan yang Akan Dihadapi Anak

3 Cara Mengenalkan ATM dan Konsep Tabungan Perbankan

1. Beri Penjelasan Sederhana: ATM Bukan Mesin Pembuat Uang

Parents bisa mulai menjelaskan alur perputaran uang sederhana pada tabungan pada anak. Jadi anak tahu jika ATM bukanlah mesin pembuat uang. ATM hanya berfungsi untuk mengeluarkan uang dari rekening kita.

Secara sederhana, Anda dapat menjelaskan untuk mengambil uang di ATM itu harus memiliki kartu dan kartu tersebut terhubung dengan rekening tabungan. Bila tabungannya memiliki saldo, maka uang bisa ditarik dari kartu ATM (kartu debit). Semakin banyak menabung maka uang yang bisa diambil di ATM akan semakin banyak.

Jika tidak ada uang di rekening tabungan, maka anak tidak akan bisa mengambil uang melalui ATM. Karena itulah harus rajin menabung agar uang di tabungan semakin banyak dan semakin besar.

2. Praktik Memiliki Tabungan dan ATM Sendiri

Ketika anak memperlihatkan antusiasmenya tentang pengelolaan uang dan serunya memiliki kartu debit sendiri, Parents bisa mengajaknya ke Bank untuk membuat rekening atas nama sendiri. Dengan memberikan kepercayaan yang besar, maka anak akan lebih semangat dan bertanggung jawab dengan uang yang dimilikinya.

3. Bertransaksi Sesuai Kebutuhan dengan Kartu Debit

Anda pun dapat mengajak Anak untuk bertransaksi atau mengambil uangnya dari ATM, untuk mengalami secara langsung perubahan saldo yang dimilikinya. Jelaskan juga, bahwa menggunakan kartu debit harus hati-hati agar tabungan tidak habis. Anda dapat membuat kesepakatan dengan anak Anda, terkait penyimpanan dan izin menggunakan kartu debit tersebut.

Memberikan semangat gemar menabung sejak dini, akan memberikan dampak yang positif hingga anak besar nanti. Dia akan lebih pintar mengelola tabungan yang ada dan lebih menghargai untuk tidak mengeluarkan uang sesuai keinginannya, tapi tergantung kebutuhannya. Kebiasaan menabung ini juga sangat baik karena membuat dia lebih bijak menggunakan uang.

***

Penulis: Suria Riza

Mom dengan tiga orang anak yang pernah bekerja lebih dari 10 tahun di dunia perbankan. Sekarang menjadi ibu rumah tangga suka meluk kucing yang suka ngeblog.


Related Post

Cari Artikel