2 Sikap yang Bisa Dilakukan Orang Tua untuk Melatih Anak Bijak Memilih


Belajar mengambil keputusan (choice making) adalah hal yang sangat penting dalam edukasi keuangan. Karena dalam transaksi keuangan apapun, memerlukan kemampuan.

Ada dua sikap yang bisa dilakukan orang tua untuk melatih anak untuk dapat bijak dalam memilih:

1.  1. Beri kesempatan memilih pilihan yang sederhana.

Sedari kecil beri kesempatan anak untuk memilih, mulai dari hal-hal yang sederhana. Misal memilih warna baju atau warna kaus kaki. Seiring berjalan waktu orang tua bisa meningkatkan tingkat kesulitan pilihan yang diberikan, misal ditambah jumlah pilihannya atau multiaspek.

Piaget menyatakan anak berusia 2-7 tahun atau pada pre-operational stage of development, mereka hanya dapat mempertimbangkan satu aspek dalam satu waktu. Demikian juga teori Brain Development/Executive Function juga menyatakan bahwa anak-anak usia 3-4 tahun masih sulit fokus pada multiple aspect of choice (Scheinholtz,2011). Jadi untuk melatih anak terbiasa memilih, mulailah dengan memberikan pilihan yang sederhana.

 2. Tidak selalu menuruti keinginan anak saat itu juga.

Menunda kenikmatan atau yang kerap disebut dengan delay gratification memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah melatih anak agar tidak impulsif.

Orang tua dapat membiasakan hal ini dengan cara tidak selalu langsung menuruti keinginan anak, jika tidak terlalu dibutuhkan. Orang tua dapat membantu anak untuk mengalihkan keinginannya tersebut dengan merencanakan atau memikirkan alternatif lain yang lebih dibutuhkan.

Memang membiasakan perilaku yang baik (habit formation) tidak selalu mudah dan terkadang membutuhkan waktu, apalagi jika sebelumnya anak telah memiliki kebiasaan yang berlawanan. Tetap sabar ya Parents, seiring waktu, kesabaran Parents akan membuahkan hasil yang baik.


Sumber:
Scheinholtz, L., Kalish, C., et.al. 2011. Cognitive Development and Children’s Understanding of Personal Finance. In D. Lambdin (Ed.) Financial decisions across the lifespan: Problems, programs, and prospects, New York: Springer.

Related Post

Cari Artikel